logo
fp
swh
Untitled Document
login mahasiswa / dosen
NPM / NIP
Password
Status
Lupa Password

Untitled Document
Akademik

Link
Arsip

Fakultas Pertanian Unsika

Selamat Datang di Fakultas Pertanian
Mentan dan Mendag Sepakati Harga Terendah Bawang Merah


Brebes – Kabinet kerja baru Presiden Jokowi bentuk kesepakatan harga beli petani Rp 15 ribu/kg. Demikian diumumkan Menteri Perdagangan pada panen raya bersama pada Jumat (12/8). “Atas nama dua menteri, kita sudah buat kesepakatan. Kita akan sama-sama membela petani. Atas petunjuk Bapak Presiden agar pertahankan hasil produksi. Bulog membelu dengan harga Rp 15 ribu. Tidak boleh lebih rendah”, demikian disampaikan Enggar Lukitodisambut tepuk tangan. Mendag juga memperhatikan betul permasalahan harga. Untuk itu akan dibentuk rumusan lebih lanjut mengenai hal ini.

“Harga tinggi kita batasi. Tidak boleh lebih tinggi dari ini. Nanti kita akan rumuskan supaya tidak ada distorsi harga”, tambahnya. Mendag menjamin hasil petani akan dibeli pemerintah. Dalam hal ini Bulog akan turun ke petani membeli hasil panen.

Disinggung mengenai ekspor bawang, Menteri Pertanian Amran Sulaiman berkeyakinan tahun ini akan ada kenaikan jumlah volume ekspor. Tahun lalu kita ekspor 8000 ton. Tahun ini kita usahakan lebih dari itu. Saya dengar hari ini ada ekspor ke negara tetangga Asia”, jelasnya.

Sebagai informasi, luas tanam bawang merah di Kabupaten Brebes hingga bulan Juni 2016 seluas 13.405 Ha, sedangkan pada tahun 2015 luas tanam 25.148 Ha. Luasan panen mencapai 8.346 Ha.

Produksi bawang merah hingga bulan Juni sudah mencapai 114.861 ton. Ini artinya hampir setengah dari produksi tahun 2015 yakni 311.300 ton. Mentan juga menyebutkan serapan gabah untuk wilayah Jawa Barat mengalami peningkatan signifikan. Disebutkannya Jawa Barat yang biasa per tahun menyerap gabah dari petani sebanyak 600 ribu ton per tahun, hari ini sudah mencapai 1 juta ton. Jawa Tengah yang biasanya 400 ribu ton per tahun, sampai hari ini tercatat sudah mencapai 800 ribu ton.

“Jawa Barat mengisi ketersediaan Kalimantan. Jawa Barat mengisi Sumatera. Bahkan Jakarta sudah diisi Jawa Barat”, tambahnya.

Mentan memberikan applause luar bisa atas prestasi ini. “Ini adalah kemajuan luar biasa. Tapi tidak terlepas support Bapak Herman Khaeron (Komisi IV DPR), imbuhnya.

Turut dalam panen bersama Mentan Amran Sulaiman, Mendag Enggartiasto Lukita, Wakil Ketua Komisi IV DPR Herman Khaeron, Kadistan Jawa Tengah Suryo Banendro, Bupati Brebes Idza Priyanti, Sekjen Kemendag Srie Agustina.

Penulis : Desy Puspita

sumber : http://hortikultura.pertanian.go.id/?p=1776

Gambar
Untitled Document
Berita Terbaru
Jurnal & Artikel
Skripsi / Thesis
Untitled Document
Beranda  |   Penelitian  |   Skripsi  |   Artikel  |  Jurnal   |   Berita  |   Contacts