Fakultas Pertanian UNSIKA Bekerjasama Dengan SMAN 2 Cikampek Sebagai Upaya Pengembangan Inovasi Pertanian




 Dekan Fakultas Pertanian Universitas Singaperbangsa Karawang Dr. Sulistyo Sidik Purnomo, Ir., M.Si memenuhi undangan koordinasi Kerjasama dengan Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Cikampek. Cikampek, Kamis sore (25/5/2023) Didampingi Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Darso Sugiono, SP., MP serta perwakilan dosen dari Program Studi Agroteknologi Muhammad Agus Mulyana, SP., MP dan perwakilan dosen dari Program Studi Agribisnis Ali Fahmi Syahputra, S.Pi., MBA., MP. Serta Staff TU Kafi….

Kunjungan koordinasi Kerjasama tersebut diterima langsung oleh Kepala Sekolah SMAN 2 Cikampek Dr. H. Unang Suryawan, M.Pd didampingi Guru BK/Konselor Priadi Tri Handoko, S.Pd. Gr. Cp. NNLP Sekaligus ketua Adiwiyata SMAN 2 Cikampek.

Sebelumnya tim dari Fakultas Pertanian Universitas Singaperbangsa Karawang didampingi oleh Guru BK/Konselor melakukan kunjungan ke beberapa tempat di lingkungan SMAN 2 Cikampek yang akan dijadikan pilot project Kerjasama.  Setelah itu kemudian melakukan pertemuan diruang Rapat Sekolah yang dihadiri oleh para Guru SMKN 2 Cikampek. Pada kesempatan tersebut Guru BK/Konselor Priadi Tri Handoko menjelaskan bahwa Kerjasama ini bagian dari program Adiwiyata. “Adiwiyata adalah mewujudkan masyarakat sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan dengan tiga cara, yaitu: 1. Menciptakan tempat belajar yang lebih baik untuk meningkatkan mutu murid, guru, wali murid, hingga masyarakat sekitar sekaligus melestarikan lingkungan hidup. 2. Ikut membantu melestarikan lingkungan hidup demi keberlangsungan generasi yang akan datang. 3. Warga sekolah bertanggung jawab dalam menyelamatkan lingkungan hidup yang berkelanjutan”. Tambahnya.

Sementara kehadiran tim dari Fakultas Pertanian Universitas Singaperbangsa Karawang adalah sebagai pendamping pada kegiatan tersebut, dimana ada 4 program yang akan dijalankan yaitu; 1. Pemanfaatan lahan sempit/pekarangan (polybag/planter bag, risebed, vertikultur, hidroponik, aquaponic, demplot kecil, minapadi dan pola tanam) 2. Pengolahan hasil panen dan pemasaran 3. Pengolahan sampah dan 4. Budidaya Maggot BSF (Black Solider Fly).

Hasil diskusi dari pertemuan dari kedua belah pihak mengharpkan para siswa memiliki karakter peduli lingkungan bahkan setelah lulus dari sana. Dimana ada tiga prinsip dasar yang harus dijalankan, yakni edukatif, partisipatif, dan berkelanjutan. Edukatif berarti pendidikan lingkungan melalui berbagai pembiasaan hidup berdampingan dengan alam, seperti memelihara dan mengelola lingkungan itu sendiri. Hal ini diharapkan dapat mengubah pola pikir dan perilaku warga sekolah menjadi manusia-manusia yang peduli lingkungan, menjadikan warga yang cinta lingkungan, baik di sekolah, di rumah, maupun di masyarakat.Sementara itu, partisipatif adalah melaksanakan program sekolah secara komprehensif, mulai dari pihak pemerintah sampai masyarakat.

Kegiatan ini ditutup dengan doa dan foto bersama Dekan Fakultas Pertanian Universitas Singaperbangsa Karawang dan tim, Kepala Sekolah dan para Guru SMAN 2 Cikampek.